12 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

12 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

Bisnis Makanan

Kamu punya bisnis kuliner? Atau berniat memulainya? Tips digital marketing untuk bisnis kuliner ini bisa kamu tengok untuk mengembangkan bisnis kamu di ranah digital.

Tidak semua orang makan untuk hidup; ada banyak orang yang hidup untuk makan. Nah, orang-orang ini sungguhan mencari tahu apa yang mereka makan; apakah sesuai dengan selera mereka, apakah gizinya cocok untuk mereka, apakah mereka akan puas. Nah, di sini kamu harus pintar-pintar mengambil celah. Sebagian di antaranya, yang mudah dan memungkinkan, adalah mengembangkan bisnis lewat digital marketing.

Nah, ini 12 tips digital marketing untuk bisnis kuliner kamu yang bisa segera diterapkan!

Buat Blog untuk Bisnis kamu

Blogging adalah cara terbaik untuk memastikan bisnis makanan kamu eksis di ranah online. Memposting dan menambah halaman secara teratur bisa mendorong blog kamu lebih mudah muncul di SERP (Search Engine Results Pages), sehingga lebih besar kemungkinan untuk dapat traffic. 

Menambahkan halaman blog ke situs web kamu dan menerbitkan posting secara teratur membantu kamu muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mengarahkan lalu lintas ke situs web kamu. Jangan lupa buat konten yang spesifik yaa!

Misalnya, kamu dapat membuat daftar nutrisi yang terkandung di produk kamu dan menulis apa manfaatnya untuk kesehatan. Kamu juga bisa bikin resep sederhana yang menyertakan makanan kamu!

Kalau kamu bingung bagaimana caranya buat blog, kamu bisa mulai dengan WordPress. Ini cara buat blog dengan WordPress.

Posting di Facebook dan Boost Post

20 Creative Facebook Marketing Ideas for Your Restaurant - Online Ordering  System Built for Restaurants | Oddle

Kamu sudah tahu cara posting di Facebook sekaligus strategi untuk mendapatkan like dan komen sebanyak-banyaknya? Salah satunya adalah, mengiklannya postingan tersebut!

Memang kamu harus keluar uang, tapi hasilnya akan sepadan. Iklan Facebook dapat menyesuaikan segmen audiens yang ingin kamu raih. Selain itu, kamu juga bisa membatasi biaya iklan sesuai dengan anggaranmu. Kalau belum pernah set iklan, kamu bisa cari tahu cara set Facebook Ads.

Dekati Food Blogger untuk Mempromosikan Produk Makanan kamu

Influencer Kuliner

Salah satu teknik digital mareketing paling sukses untuk bisnis kuliner adalah menghubungi foodblogger dan meminta mereka untuk mempromosikan produk kamu. Sejumlah foodblogger punya audience yang kemungkinan besar sesuai dengan yang kamu targetkan. Mereka juga tahu apa yang perlu dilakukan untuk mencapai puncak SERP. Review atau ulasan baik tentang produkmu bisa melejitkan penjualan makananmu, loh. Kamu tinggal cari foodblogger yang paling sreg untuk produkmu.

Kalau kamu bingung mencari foodblogger, kamu bisa cek penyedia layanan influencer seperti SociaBuzz. Kalau sudah dapat, kamu tinggal hubungi kontak mereka, biasanya melalui email. 

Bersikaplah membantu dan menghormati blogger dan menawarkan publisitas. Buat pendekatan yang personal dan beritahu apa yang bisa kamu berikan untuk mereka. Setelah dibalas, kamu baru bisa bertanya apa yang bisa mereka lakukan untukmu. 

Buat Promo dan Promosikan di Facebook

Salah satu cara efektif untuk membangun eksistensi di online adalah bikin promo! Semua orang suka promo. Jangan lupa, pastikan konten iklan kamu sesuai dengan harapan orang yang mengkliknya. Bentuknya bisa macam-macam, bisa diskon, penawaran, atau hadiah menarik, yang penting kontennya menggoda untuk diklik. Jangan lupa pikirkan visual yang menarik! 

Selain promo, kamu juga bisa membuat giveaway atau kontes. Ini adalah strategi digital marketing yang bagus untuk industri kuliner.Kamu bisa memulainya dengan kontes foto makanan produkmu. Dapat sekaligus banyak deh; ulasan atau review, engagement media sosial, dan konten untuk posting selanjutnya.

Jalankan Iklan Facebook untuk Distribusi

Jika kamu terbuka untuk menawarkan peluang reseller, kamu bisa membuat iklan Facebook untuk distribusi bisa menjadi cara yang bagus untuk memasarkan produk kamu. Kamu nggak cuma membangun brand awareness, tapi kamu juga bisa dapat banyak penawaran dari calon mitra yang bersedia mendistribusikan produk kamu.

Wow, jadi untung dua kali kan?

Buat Story di Instagram dan Promosikan

Tidak ada yang sekuat story Instagram yang sangat visual, apalagi untuk soal kuliner. Story di Instagram merupakan penempatan yang lebih laku dibanding feed atau explore. Fitur seperti stiker dan filter juga sangat membantu untuk membangun interaksi dengan audiencemu. 

Yang perlu kamu lakukan hanya punya foto produk yang bagus dan menggoda, alias bikin orang lain ingin mencicipi saat melihat story-mu. Jangan lupa buat menarik dengan aneka stiker, text, dan doodle ya!

Gunakan Influencer Marketing di Instagram

Foodblogger Influencer Makanan

Bekerja dengan food influencer adalah salah satu strategi digital marketing terbaik untuk bisnis kuliner. Instagrammer senang berbagi foto dan mendokumentasikan kehidupan sehari-hari mereka.  Saat mereka melihat seorang food influencer melakukan hal yang sama, mereka pasti ingin mengikuti. Kamu bisa mencari mereka di explore atau dengan hashtag yang berhubungan dengan makanan, atau di penyedia layanan seperti Sociabuzz. 

Setelah itu, kamu bisa mengontak mereka dan mendiskusikan bentuk kerja sama apa yang bisa dilakukan.

Buat Infografis untuk Produk Makanan kamu

Infografis makanan sederhana

Kamu punya cuma 8 detik untuk membuat audiencemu tertarik, menyampaikan pesanmu, dan memikat mereka. Cara terbaik buat melakukan ini semua adalah dengan bikin infografis, yang merupakan kombinasi dari konten, data, dan desain grafis.

Infografis punya kelebihan buat menyampaikan informasi dengan menyenangkan, dengan visual yang menawan.  Jadi, informasi apapun yang mau kamu sampaikan, jadi mudah dipahami dengan ringkas dan jelas jelas. Apalagi, infografis itu sangat shareable–orang-orang senang membagikannya.

Kabarkan Peluncuran Produk Baru Kamu

Bicara tentang peluncuran produk baru kamu, pencapaian terbaru, atau perkembangan baru apa pun soal bisnis kamu, itu adalah hal yang penting. Audience kamu jadi tahu hal terbaru yang berlangsung di usaha makanan kamu, dan siapa tahu mereka tertarik untuk mencobanya! Dan siapa tahu juga mereka mau share di media sosial mereka. 

Selain itu, rutin mengabarkan peluncuran produk baru bisa membangun kredibilitas bisnis makanan kamu. Kamu bisa mengoptimalkan konten semacam ini dengan memasukkan kata kunci yang tepat dan.


Nah, itu 9 tips digital marketing untuk usaha makanan yang bisa kamu terapkan! Mau mulai dari yang mana dulu nih? 


Baca juga:

Ditulis ulang dari Singlegrain, dengan perubahan seperlunya

Kasih tanggapan dong!