Kurikulum 2013: Potong Mata Pelajaran, tapi Tambah Jam Pelajaran

PowerPoint Presentation

Beberapa bulan yang lalu, Menteri Pendidikan kita ngelansir kalau beliau mau rombak kurikulum sekolah mulai tahun ajaran depan, 2013/2014. Perubahan ini meliputi SD, SMP, SMA/SMK, sampe universitas. Entah ini jadi diterapkan atau nggak, soalnya banyak pihak yang protes, meskipun rencananya udah matang banget. Banyak orang yang menganggap ini terburu-buru, tapi kayaknya Pak Menteri M. Nuh bakalan tetep menerapkan kurikulum ini.

Saya sendiri nggak akan kena kurikulum 2PowerPoint Presentation013 ini, karena rencananya Pak Menteri ini bakalan diterapin mulai tahun ajaran 2013/2014 ke kelas 1, 4, 7, dan 10. Saya akan naik kelas 12 tahun ajaran depan, jadi nggak akan kena kurikulum ini. Tapi menarik aja ngebahas apa yang terjadi di sistem pendidikan Indonesia, yang kata Pak Menteri sendiri beda sama sistem pendidikan di negara-negara luar.

Di negara lain, SMA udah gak pake penjurusan IPA dan IPS lagi, tapi pilih sendiri mata pelajaran yang kita suka dengan ketentuan dari sekolah. Memang sih, penjurusan IPA dan IPS kayak gitu nggak efektif. Nggak semua anak IPA suka tiga matpel ini sekaligus: Fisika, Biologi, Kimia. Nggak semua anak IPS juga suka Sejarah dan Ekonomi sekaligus. Ini kebijakan bagus. Makasih Pak Menteri.

Saya download materi ujicoba kurikulum 2013 ini dari website yang disediakan Pak Menteri. Ini udah cukup lengkap sebagai garis besar. Ada grafik tentang jumlah jam pelajaran anak usia 7-14 tahun di beberapa negara dunia, dan Indonesia butuh peningkatan 15% jam belajar agar setara dengan rata-rata dunia. Ya, kita masih dibawah rata-rata.

Menurut Kementrian, kurikulum 2006 yang sekarang berlaku masih banyak kekurangannya. Terlalu padat karena kebanyakan matpel, belum sepenuhnya berbasis dengan tujuan pendidikan kita. Kurikulum ini juga nggak mengutamakan kualitas sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Mereka juga berpendapat kalau kurikulum ini terlalu rigid, kaku. Dan detail di kurikulum 2006 ini nggak terlalu jelas, jadi ada banyak tindakan multitafsir; para guru menerapkan kurikulum ini sesuai pandangan mereka masing-masing yang notabene beda satu sama lain.PowerPoint Presentation

Menutupi kekurangan itu, dibuatlah kurikulum 2013 dengan kelebihan yang diharapkan bisa menambal kekurangan kurikulum 2006. Mendetailkan tujuan dan mengurangi mata pelajaran. Potong mata pelajaran? Ya, banyak banget matpel yang bakal dipotong.

Di SD, TIK dan Bahasa Inggris bakal dihapus. Katanya muatan lokal juga. Yah sedih banget udah nggak belajar PLBJ (atau bahasa daerah untuk daerah lain mungkin). PLBJ itu pelajaran yang seru, mengenal lebih jauh tentang kota kita; sejarahnya, tempat wisatanya, budayanya… Banyak orang yang bilang di masa reformasi gini budaya lokal kita kegeser budaya global, dan dengan dihapusnya mulok, gimana bisa adek-adek usia SD bisa tau budaya sendiri? Lingkungan dan televisi nggak bisa jadi harapan deh, setidaknya di daerah saya ini–pinggir Jakarta. Selain itu, pelajaran IPA-IPSΒ  juga dikurangi. Kementrian masih labil antara ngasih IPA-IPS mulai kelas 4 atau kelas 5. Jadi anak SD akan IPA-IPS cuma 3 atau 2 tahun. Sepanjang nggak punya matpel IPA-IPS, guru bisa masukin materi-materi pengetahuan umum itu lewat pelajaran-pelajaran lain kayak Bahasa Indonesia, PKN, dan lainnya. Meski begitu, jam belajar siswa SD yang biasa ditambah 6 jam.

Di SMP, cuma TIK yang dihapus, tapi jam pelajaran ditambah 6 jam. Beberapa mata pelajaran yang tadinya cuma 2 jam per minggu bakal dipelajari 3 jam per minggu, seperti PKN, Penjas, dan beberapa pelajaran lain.

Nah, kalau SMA, rencananya penjurusan bakalan dihapus–seperti yang saya tulis di atas. Dari 72 jam pelajaran yang tersedia, jam pelajaran wajib cuma 40 jam. Selain itu, UN di SMA dan SMK juga diusulkan dilaksanakan pada kelas 2, biar di kelas 3 nanti para siswa fokus ke SNMPTN (untuk siswa SMA) dan fokus ke sertifikasi keahlian (untuk siswa SMK).

PowerPoint PresentationΒ PowerPoint Presentation PowerPoint Presentation PowerPoint PresentationPowerPoint Presentation

Dan dalam penyiapan buku, pemerintah akan menyediakan tiga jenis buku; buku siswa, buku panduan guru, dan dokumen kurikulum. Selain itu, dibahas juga soal pembelajaran di perguruan tinggi. Lebih lengkapnya silakan liat sendiri di sini. Sebenernya dulu ada di website Kementriannya sendiri, dalam bagian uji coba kurikulum. Di sana siapapun bisa download materi pdf-nya dan nulis komentar di situ. Tapi sayang sekali, Januari ini uji cobanya udah ditutup.

Menurut saya, ini rencana bagus sih, cuma–seperti kata kebanyakan orang–Pak Menteri mencanangkannya terlalu terburu-buru. Gimana menurut kakak-kakak blogger?

Sumber:

Kemendikbud, November 2012: Bahan Uji Publik Kurikulum 2013 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Detik.com
Tempo.co
Kompas Online

Link terkait: video tipografi selintas tentang kurikulum 2013

Kasih tanggapan dong!

85 pemikiran pada “Kurikulum 2013: Potong Mata Pelajaran, tapi Tambah Jam Pelajaran”

  1. Siswa didorong untuk belajar,belajar dan belajar. Waktu KBM lama,belum lagi jadwal les yg menumpuk. Belum lagi kerja kelompok yg makin banyak. waktu istirahat siswa pun berkurang. ini jelas menyiksa siswa. Saya sendiri mengalaminya.
    Kurtilas juga mendorong agar siswa lebih aktif dan sering menggunakan internet sebagai media belajar. Lantas peran guru dimana?
    Lebih lucunya,kurtilas ini kan bahan materinya sering cari di internet,kenapa kecepatan internet makin diperlambat?
    maaf jika saya menyindir seseorang. Ini pendapat saya yang sudah merasakan langsung.

  2. kurtilas bikin stressss…. puyeng banyak pr guru nya gk ngerti, kalau permata pelajaran thu ada pr tapi tiap pelajara lain kasih pr lagy hampir perpelajaran aduhhhh…. solusinya gmana?

  3. Harusnya kurikulum 2013 mengasah bakat kita agar kita dapat menggunakan bakat kita sebagai matapencaharian kita di masa depan

  4. tapi ketika murid dikasih 40 jp belum lagi sekolah lain hari sabtu masuk. bukankah itu membebani murid?
    belum lagi yang fisiknya lemah.
    seharusnya pemerintah lebih untuk ke jam bermain di luar rumah dengan bermain anak sudah pasti senang dan pasti sudah memikir secara logika seperti: anak memegang batu lalu itu kaca dia berfikir “kalau tak lempar ke kaca pecah terus berarti gua harus lari” disitulah dapat kita lihat anak itu bertanggung jawab/tidak.

    • Harusnya kurikulum 2013 mengasah bakat kita agar kita dapat menggunakan bakat kita sebagai matapencaharian kita di masa depan

  5. daripada murid2 melek internetan mulu. Lagian,internetan berdampak negatif yang sangat besar. Mendingan,internetannya dicekal ajah…!! Soalnya setiap ada PR, banyak banget temen gue yg liat dari internet. Harusnya kan,belajar mikir sendiri biar anak bisa kreatif !

  6. Sebaiknya Menteri Pendidikan Paham akan Ciri Khas Bangsa INdonesia Baik Ras,Suku,Bahasa agar tercermin pendidikan yang baik Disesuaikan dengan Lingkungan dan keKhasan Negeri Tercinta πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  7. Di negara seperti AS dan negara” maju di Eropa mata pelajaran sedikit ga nyampe 10 matap pel .jadinya beban sekolahnya berat . Kalau sudah jelas negara maju dengan sistem kurikulum seperti itu , MENGAPA NEGARA INDONESIA TIDAK MENGIKUTINYA ??!!?!

  8. Di negara seperti AS dan negara” maju di Eropa mata pelajaran sedikit ga nyampe 10 matap pel . Kalau sudah jelas negara maju dengan sistem kurikulum seperti itu , MENGAPA NEGARA INDONESIA TIDAK MENGIKUTINYA ??!!?!?

  9. Sertifikasi guru banyak terhambat dengan adanya ketidak mathcing-an antara kebutuhan pendidikan sendiri dengan kurikulum 2013, menjadikan guru profesional tidak mendapatkan pata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya, tidak saja di smp, sma, di sekolah menengah kejuruan ( smk ) juga terjadi demikian , Sekedar contoh : Guru matematika akhirnya harus mengajar ekonomi, guru berbasis ekonomi mengajar Fisika dll, tolong hendaknya kurikulum 2013 ditinjau kembali, mumpung belum fondasi pendidikan nasional kita belum ambruk…!

    • Ya nggak sesuai profesinya jadi kacau balau. Guru – guru Fisika, Kimia dan Bahasa Inggris juga kalang kabut akibat penerapan kurukulum 2013 karena jumlah jam pelajaranya dikurangi, demikian pula yang akan jadi korban utama adalah generasi muda lulusan smk terjadi pengerdilan exact dan kemampuan berkomunikasi internasional dalam berbahasa inggris, mengapa demikian karena smk teknologi dan rekayasa justru dikurangi jam tatap mukanya pada mata pelajaran tersebut. sebaiknya kurikulum 2013 ditinjau lagi ! Semoga tidak terjadi “Ayam mati di lumbung padi sendiri sedangkan ayam arang asing hidup gemuk di lumbung padi kita sendiri” Aneh !

      • Wah, ungkapan bagus, ‘Ayam mati di lumbung padi sendiri sedangkan ayam arang asing hidup gemuk di lumbung padi kita sendiri’.

        terima kasih sudah mampir dan komen! ^^

  10. Assalamualaikum Wr’Wb ,
    sebenarnya pendidikan di indonesia bagus , segala kebijakan harus kita hargai selaku orang awam apa lagi Pahlawan tanpa tanda jasa, apapun bentuknya kita serahkan kepada yang membuat kebijakan tetapi apa salahnya kalo kita mempunyai usul, Mohon maaf , jela PP nO 20 TENTANG sikdiknas Itulah kita bangsa indonesia kalo ingin maju, cerita dikit punya usul, pada masa pk harto lengser dulu katanya ilmu sejarah mau dihapus, apa lagi mau nonton film G30 September itupun sudah tidak boleh karena mengandung didalmnya pak, kok muncul diSMK ada pelajaran sejarah, biasanya hany ada di SMA kami selaku guru SMK masih bingung karena dilihat dari materi sama dengan SMA , tetapi mengapa pelajaran smk kok hanya SEJARAH bukan IPS, Alangkah baiknya kalo bisa mapel sejarah diganti IPS karna ilmu sejarah identik dengan IPS terpadu walupun didalamnya dibagi beberapa % pembagian ilmu tentang sejarah dan lainya itu malah siswa masuk, kalo sejarah aja hanya membahas ilmu masa lampau jelas siswa kalo diajar sejarah aja pengenya tamasya KARNA di SMK tidak bisa penelitian seperti SMA dikarnakan udah banyak biaya untuk PRAKERIN, kayaknya punya usul jangan mapel sejarah tetap ada tetapi kalimat IPS cocok untuk mengisi nama pengganti sejarah , mohon pencerahan mohon maaf apa bila saran ini kurang berkenan , wassalam ‘ selamat menunaikan bulan ramadhan

  11. Assalamualaikum Wr’Wb ,
    Itulah kita bangsa indonesia kalo ingin maju, cerita dikit punya usul, pada masa pk harto lengser dulu katanya ilmu sejarah mau dihapus pak, kok muncul diSMK, saya prodi sejarah jurusan IPS, kalo bisa mapel sejarah diganti IPS karna ilmu sejarah identik dengan IPS terpadu didalamnya, kalo sejarah aja hanya membahas ilmu masa lampau jelas siswa kalo diajar sejarah aja pengenya tamasya KARNA di SMK tidak bisa penelitian dikarnakan udah banyak biaya untuk PRAKERIN, kayaknya punya usul jangan dimasukin mapel sejarah kalo bisa IPS sudah ada semua materi didalamnya gimana pk , mohon pencerahan wassalam ‘ selamat menunaikan bulan ramadhan

  12. maaf mau tanya untuk pembagian materi wajib dan peminatan gimana ya? soalnya TERdapat materi yang saling berhubungan khusus nya matematika,, mohon pencerahannya terima kash..

    • Terima kasih sebelumnya sudah mampir dan komen ^^

      Materi wajib masih kayak kurikulum lama, misal ambil jurusan sains materi wajibnya ya fisika kimia bio matematik ipa. Kalau ambil jurusan sosial materi wajibnya geo ekon sejarah. Di luarmata pelajaran jurusan, siswa juga dipersilakan ambil lintas minat, misal anak sains ambil ekonomi, anak sosial ambil fisika. Kalau saya tidak salah sih ya, saya nggak tau persis juga pelaksanaannya di lapangan seperti apa πŸ™‚

  13. kalau menurut saya sebagai pelajar ,saya berharap untuk tahun pelajaran kurikulum 2013 ini ,sangat setuju kenapa setuju? karena dikurikulum 2013 ni siswa akan lebih giat lagi dengan bljr waktu tmbhan yg tadinya 2 jm menjadi 3 jam menunjuk pljrn yg siswa suka i maupun pkn dan bhs .indonesia dlainya…….

  14. Sebenarnya saya setuju aza untuk kurikulum 2013…
    Tapi saya termasuk guru yg dirugikan…karena untuk plajaran kimia di SMK jamnya dikurangi…
    Malah untuk jurusan tertentu kimia dihapuskan….(berkaitan dgn sertifikasi 24 jam)
    Tapi saya berharap penerapan 2013 ini dibarengi dgn kebijakan yg lebih bijak lg

  15. pokoknya setuju lah. biar kayak di amrik gituh. lebih enak gini malahan. kita gak kepaksa melajarin pelajaran yg gak kita suka.

  16. Yg plg ga stuju itu PLBJ sama TIK dihapus, padahal mnurut saya itu mapel yg pnting bgt…
    Kalo misalnya w bisa kasih saran ke kementrian, w bkal ngmong klo sejarah dimasukin ke mapel wajib aja… jadi biar anak2 yg milih IPA/Bahasa itu msih bisa mengerti sejarah leluhurnya
    Yg lainnya w stuju2 aja, plg sore jg gpp yg pnting masuknya jgn lebih pagi πŸ˜€

  17. menurut aku sebagai siswa kelas 7 smp kurikulum 2013 ini sangat memberatkan materi semakin susah dan jam pelajaran di tambah apalagi saya ini masuk siang jadi pulangnya bisa jam 6 atau jam setengah 6 jadi benar-benar memberatkan menurut saya….

  18. saya setuju banget dengan kurikulum 2013…tetapi yang perludiperhatikan oleh para pengambil kebijakan tolong mapel TIK semestinya tidak dihapus karena di daerah masih banyak siswa yang nggak paham alias gaptek. Jadi jangan melihatnya di pusat kota saja atau sekolah dilingkup perkotaan saja. Miiikkkiiiiirrrrr dddooooonnngggg.

  19. BiSMiLLaH. ALHaMDuLiLLaH. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR!
    jIKA ADA KOMENTAR YANG tidak baik/positif berarti belum sepenuhnya mengerti, mempelajari & memahaminya. Yuk berajar terus sampai kita tau lebih jelas, lebih paham,lebih ahli, belajar terus, terus & terus sampai mati, mudah-mudahan ilmu yang kita dapat menjadi BaRoKaH dunia dan Akhirat. AaMiiN Ya RoBBaL A’aaLaMiiN.
    Pemerintah harus lebih giat lagi, bersungguh-sungguh untuk mensosiolisaikannya, berkesinambungan, konsisten, jangan sampai beda menteri beda lagi peraturannya.

  20. MOS SMP N 1 TOMOHON

    OSIS : Kurikulum 2013
    SISWA : Yes..yes..yess

    ORANG TUA
    SISWA : Ha…ha…ha…ha..ha…ha….

  21. menurut saya ini kurikulum nyeleneh tambah aneh. Pertama kalo IPS dihapus gmn mau tahu sejarah budaya dan sosial. Apalagi anak zaman sekarang tdk kenal dan tidak cinta budaya nggak ada pula pelajarannya. Kedua, mapel BiNG di hapus di sd, ya ampun! yg blajar dr sd aja msh pd oon apa lgi bru mau blajar dikelas tinggi.. ckckckck. bahasa inggris kan bahasa internasional, buku pelajaran pake bhass inggris, komputer berbahasa inggris, internet dan teknologi pake bhs inggris. dan kalau justru dikurangi jam dan dihilangkan yak ampun maju dan berkembang dr mananya lah kurikulum ini? bahasa daerah dan mulok gk ada.. TIK juga??? hahahahaha… hebat pemerintah mau mematikan pendidikan di indonesia. hellow diluar negeri sana sistem mereka memperbaharui bukan menghilangkan… ckckckk…. kesimpulannya ni kurikulum super kacau… nggak usah ada pelajaran aja sekalian mendingan…

  22. kurikulum yang dipaksakan……..yang menerapkan juga terpaksa…..( demi memenuhi nafsu duniawi…proyek pun dijalani………)

  23. justru kalo menurut saya smp lebih baik jangan ada tik….nanti di sma aja ada tik…
    sebab anak smp jaman sekarang sudah canggih,ga perlu lagi mapel tik di sekolah pasti dah pada bisa,nah di sma di kususkan kkpi mengarah pada penerapan internet untuk menunjang segenap mata pelajaran yang udah semakin rumit….kalo masalah pornografi mah tergantung ilmu agama dan penerapanya dirumah maupun dilingkungan sekolah….jadi ga ngaruh sama pelajaran tik

  24. kurikulum 2013 itu kurikulum amburadul,,
    kalo IPS dihapus bagaimana dengan pengetahuan anak bangsa terhadap sejarah bangsanya sendiri? bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, nah kalo ga ada IPS mau masuk pelajaran apa? matematika?????ohh nooo,,,
    TIK juga jangan di hapus donk,, kita akan semakin tertinggal dengan negara lain kalo pengetahuan teknologinya kurang,,bgaimana dengan SDM negara kita dimasa depan?
    jangan asal ganti kurikulum, Indonesia ini bentar bentar kok gonta ganti kurikulum,,kesannya ga konsisten. urusin Ujian Nasional aja tu benerin biar ga amburadul lagi,,

    • Sebenarnya bukan amburadul, ini kurikulum yang matang dan lebih bagus dibanding sebelum-sebelumnya, menurut saya. Tapi pelaksanaannya lah yang terlalu terburu-buru dan amburadul.

      • Saya setuju dengan Anda, Yang amburadul bukan kurikulumnya.Kurikulum sudah bagus/hebat. yang belum hebat adalah manusianya. keseluruhan bukan berarti hebat.kata hebat harus merupakan alaisis faktual bukab piksional. bertindaklah dari kejujurAN HATI PEMIMPIN. Kalau ingin dikatakan bagus. jangan menolak sebuah kebijakan pimpinan, dengan harapan mendapat pujianmkarena berbeda, tetapi di dalamnya menuh kebohongn. Sekali lagi KEBOHONGAN. Banyak pekerjaan seorang guru ditimbang hanya menilai dengan kata-kata yang sifatnya subjektif. untuk guru : JANGAN DIPIKIRIN KOMENTAR-KOMENTAR DISDIK YANG NOTABENNYA BUKAN SEORANG PAKAR PENDIDIKAN, PIKIRIN AGAR TAURAN -TAURAN MENJADI NOL PERSEN GIMANA CARANYA BUNG” JANGAN PADA PE-A APAYA’

  25. Saya tidak begitu antusias dengan kurikulum 2013, Karena terlalu terburu-buru dan kurang matang. Selain itu pengawasan akan keefektifan dan efesiensi untuk ditahun 2014 dan seterusnya saya kira tidak akan berjalan optimal seiring perubahan kabinet legislatif (mendikbud selanjutnya) yang terjadi pasca pilpres nanti (pemilu 2014). Pasti ganti kabinet, ganti lagi program-programnya untuk satu periode kedepan.

  26. Kok yg SD bahasa inggris dihapus? Gimana mau maju kalo bahasa internasionalnya dihapus dari kurikulum?

    • Itu bagus, karena dengan itu Bahasa Indonesia pasti lebih diutamakan. Dewasa ini, globalisasi bikin kondisi masyarakat Indonesia lebih mengutamakan bahasa Inggris dibanding bahasa Indonesia. Bangsa yang maju kan harus menjunjung harta budayanya.

  27. Matpel TIK jgan di hapus .. karena itu sangat penting bagi pembuatan dokumen ,dan software

  28. hahaha…dikiranya para siswa udah pada melek komputer. padahal cuma dipake maen , fb-an, dsb. tapi kalo disuruh ngetik di word tau excel doang, payah banget…apalagi kalo TIK dihapus, gimana nasib para siswa palagi yang jurusan AP, AK, dsb yang kerjaannya banyak bhubungan ma dokumen-dokumen?

    • Iya benar. Mending kalo jurusan AP, AK, kan di mata produktif juga diajarin. Tapi kalo anak-anak yang nggak masuk SMK, parah menyesuaikan diri bagi mereka.

    • Iya… IPA dan IPS pelajaran yg memusingkan….sebaiknya ditiadakan saja. Kalo TIK jgn sampai ada yg menghapus, kalo TIK dihapus, silahkan kembali ke zaman “baholak” (zaman batu)

  29. haloo penjelajah baru wah ka minggu ini aku masuk SMA hehehe
    setuju ama pak mentri penjurusan kaya IPA IPS itu malah mirip kasta menurutku
    jadi mending kita milih,,,, walo ini udah keren tapi kesannya keburu-buru gtuuuu apalagi ujian jadi kelas 2 tapi gak apa-apa deng bagus #plak
    pelajaran budaya kok dihapus? wahhh gak setuju…. TIK dihapus gpp lah toh di sekolah cman belajar bwat twit,fb, yang sebenernya gak perlu belajar jadi buang-buang waktu ajjjaaa, mending pelajar TIK kaya gtu lebih ke pembuatan softwarenya hardisk atau penerapannya yang gak buang waktu….
    keren semoga aja jadi di canangkan
    makasih infonya πŸ™‚

  30. kembali saja kekurikulum 1984. baru tambahkan mata pelajaran IT itu lebih bagus lengkapmi adami juga mata pelajaran PMP

  31. bagaimana kurikulum 2013 akan dianggap baik dan sesuai kalau matpel TIK yang merupakan mata pelajaran yang harus dikontrol dan dikembangkan pembelajarannya, plus IPS yang merupakan pelajaran yang sangat penting setelah pelajaran agama malah diliquidasi adanya, padahal IPS juga merupakan matpel yang dijadikan lintasan pengenalan wawasan kebangsaan Indonesia dilihat dari sejarah, sosial, letak dan keberadaan Indonesia, perlu di ajarkan, sebab bagaimana generasi muda akan maju, pengetahuan dan wawasan nusantaranya kurang bahkan tidak mengenal. Implikasi dari siswa yang diajarkan matpel IPS dan TIK saja masih banyak yang tidak menerapkan dan mengerti, apalagi yang tidak mempelajari, mau dikemanakan subtansi Ilmu dan Wawasan pengembangan generasi muda saat ini. Disimpulkan kurikulum 2013 sungguh mengecewakan, mungkin anggapannya terlihat baik dan sesuai tapi coba telaah dan seksama lebih dalam, akan banyak cacatnya.

    • Sebenarnya sih lebih matang, memudahkan berbagai kalangan, dan lebih efektif dibanding kurikulum-kurikulum sebelumnya. Tapi sayangnya, persiapannya yang kurang. Mentri Pendidikannya terlalu terburu-buru

  32. Seharusnya Pak Menteri tahu donk,kemaren saja Ahok sudah menyindir pejabat2 kita,kalau rapat aja laptopnya cuma buat maen games,sementara notula rapatnya masih tulis tangan,Nah berarti kan pejabat kita dulu belum mengenal matpel TIK,nah kalau sekarang TIK di hapus,apa jadinya anak Indonesia.bisa-bisakaga kenal excel dan word

  33. menurut saya, ips tidak perlu di hapus jika di hapus mungkin di masa depan para generasi muda tidak akan tau sejarah bangsa’a.

  34. Saya setuju dgn sistem kurikulum 2013 tapi sangt disayangkan kalau mapel TIK di hapus krn masih sangat d butuhkan dalam pengembangan teknologi cuma perlu ditingkatkan lagi, TIK bukan ngetik dan internetan doang, tapi banyak yg lain seperti jaringan lanjutan, computer algoritma, pemograman dasar, dan lainya, jd dgn dihapusnya TIK teknologi diindonesia akan semakin akan semakin mundur.

  35. IPA, IPS TIK di likuidasi. Kenapa gak di merger aja sekalian jadi IPGG (Ilmu Pengetahuan Gado-Gado)

  36. Ada aja ulah para menteri pendidikan indonesia. intinya mereka hanya ingin dipandang bahwa mereka itu “bekerja”, masabodo apakah pekerjaan mereka diterima atau tidak, yang penting mereka “bekerja”

  37. aku tidak tahu mau komentar apa….., yang jelas saya semakin resah dan gelisah…menunggu nasib yang akan tiba di kurikulum 2013, dikarenakan terkait dengan mata pelajaran IPS di SMK dihapus… terus bagaimana PNS dan sertifikasi saya…

  38. plbj dihapuskan TOP BGT, siplah…… ga penting banget…. menuh-menuhin otak, kasian anak2 suru hapalin permainan2 ga jelas

    • Maaf Pak/Bu, pelajaran PLKJ itu bukan hapalan permainan, tapi pengetahuan tentang budaya dan lingkungan. Jadi manusia berbudaya itu kan penting ^^ apalagi budaya Jakarta, yang nyaris punah

  39. Emang kurikulum sekarang bikin stres amburadul ..karena kkm nilai jadi sulapan..nilai 20 bisa disulap jadi 70 ..75 bahkan 80..

    • Yaaa bener banget, setuju. Nilai dipaksa tinggi demi memenuhi KKM, padahal nilai yang dikasih nggak sesuai kompetensi si siswa.

      Terima kasih Kak Dea udah mampir dan komen πŸ˜€

    • itu mah yang bermasalah, yang ngasih nilai & yang diksih nilainya atuh, &yang ngasih komentar kumaha tah ??,. Saling intropeksi diri ajah lagi. kasihan atuh kurikulum, jangan cari kambing hitam, cari aja kambing guling lebih ennak deuihh.

  40. Betul, programnya sepertinya masih prematur, belum matang. Ada beberapa hal yang saya tidak setuju, dan ketidaksetujuan saya hampir sama dengan yang diungkapkan mbak Prita.

    Saya menyikapinya dengan tidak memaksakan sang anak untuk berprestasi di dalam sistem buatan pemerintah yang berubah-ubah tersebut. Ikuti sistem saja, yang penting nilainya sedikit di atas rata-rata, tidak harus ranking 1,2, atau 3. Kalau ranking atas, saya anggap itu adalah bonus. Saya lebih menekankan sang anak agar fokus mempelajari ilmu bisnis / wirausaha. Ilmu ini bisa ditanamkan sejak dini. Ilmu seperti ini yang seharusnya masuk dalam kurikulum, sehingga siswa mempunyai kecerdasan finansial yang baik, kecerdasan emosi yang baik pula, ditambah mental tanggungjawab yang baik (karena dididik tentang ownership).
    Jadi, kalau tok kelak siswa menjadi karyawan (bukan pemilik usaha), ia akan menjadi karyawan yang unggul karena telah tertanam soft knowledge yang kuat sejak dini.

    • Waaah iya betul (y) saya setuju banget. Tapi sayangnya sekolah negri sekarang nuntut murid-muridnya buat hapal isi buku, biar gurunya gak repot kalo meriksa esai.

      Yah, pendidikan formal juga bukan tonggak utama kan. Konsumsi media lebih berpengaruh besar, menurut saya.

      Terima kasih atas komentar bagusnya πŸ˜€

    • Good idea
      Kita harus mendidik generasi menjadi insan mandiri dan bertanggung jawab.
      Banyak murid yang ranking 1 sampai berkali2, tapi setelah lulus malahh mondar-mandir kesana-kemari pamer prestasi dan ijasah menemis pekerjaan.
      Seharusnya, yang berilmu tu mencipta, berkreasi, tapi kenyataannya malah menjadi penakut, takut gagal. Takut gagal, berarti gagal sebeum gagal.
      heheee…
      visit my blog ya tipsdankabarkita.blogspot

  41. Aku seneng SMA bakal dihapus penjurusan, biar siswanya sendiri yang memilih mau masuk kemana. Jadikan, siswa gak akan ngerasa “terpaska” dlm belajar. Kalo UNnya jadi di kelas 11, aku setuju bangeeettt!! ;D . Tapi kalo TIK dihapus di SMP, sayang bgt. Nanti gimana anak smp mau melajarin tentang Teknologi?

    • Iyaaa bener, aku juga setuju, soalnya anak IPA kan nggak selalu suka ketiga subjek yang dipelajari; fisika, kimia, ama biologi sekaligus.
      Mungkin mereka ngapus TIK karena mikir anak-anak Indonesia udah melek internet. Padahal sebenernya kan penggunaan internet kita butuh pengarah sama pengawasan, ya lewat pendidikan TIK itu.

      Makasih Icut udah mampir dan komen ke blogkuuuu :*

%d blogger menyukai ini: